Bekerja ibadah

0
343

Dalam Al Quran, berusaha/bekerja adalah peraturan Allah. Itulah kenapa bekerja/berusaha merupakan ibadah yang artinya kalau dilakukan akan meraih pahala. Tetapi, pahala itu akan kita dapat, hanya kalau kita menyadari bahwa bekerja/berusaha itu kita lakukan dengan niat karena menunaikan perintah Allah.

 

“Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allahdan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung”(QS Al Jumu’ah [62]:10).

 

Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baikbagimu jika kamu mengetahui” (QS At-Taubah [9]:41).

 

Kalau sekedar bekerja/berusaha, hewan ternak pun (sapi misalnya) bekerja, yaitu membajak sawah, tapi yang membedakan dengan manusia, adalah ibadah.Jadi jika manusia hanya bekerja/berusaha tanpa beribadah, apa bedanya dengan hewan ternak?  Berfikirlah, gunakan hati, mata dan telinga agar kita tidak tersesat.

 

“Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi(QS Al-A’raf [7]:179).

 

Setiap kita melakukan sesuatu urusan, wajib diselesaikan. Dan jika telah selesai, wajib untuk mengerjakan urusan lainnya. Tidak ada kata bermalas-malasan, atau menjadi orang yang tidak berguna. “Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada Tuhanmu lah engkau berharap” (QS Asy-Syarh [94]:7-8).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here