Ilmu yang maslahat

0
335

Kita dalam keadaan merugi jika hidup tidak diisi dengan mengamalkan ilmu. Ilmu yang baik adalah yang mengandung maslahat, yaitu memiliki nilai-nilai kebaikan. Barangsiapa yang dikaruniai ilmu oleh Allah, yang dengan ilmu tersebut semakin bertambah dekat dan kian takut kepada-Nya, “… niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan” (QS Al-Mujadalah [58]:11).

 

“Dan seandainya pohon-pohon dibumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana” (QS Luqman [31]:27).

 

Ilmu itu ibarat cahaya. Ia hanya dapat menerangi gelas yang bening dan bersih. Artinya, ilmu itu tidak akan menerangi hati yang keruh dan banyak maksiatnya. Dengan ilmu, akan menjadikan kita dari tidak tahu menjadi tahu. “Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya”(QS Al-Isra’ [17]:36).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here