Jujur & Amanah

0
184

Jangan pernah mengambil sesuatu yang bukan menjadi hak kita, walaupun itu hanya sebutir kurma. Jika kita membeli sesuatu dari ‘rakyat kecil; orang miskin’, tidak perlu menawar lagi, karena mereka hanya mengambil keuntungan yang sangat sedikit, dan mereka tidak punya kemampuan untuk bersaing dengan ‘yang besar’.

 

Orang yang jujur, amal-amalnya terkoreksi, dan dosa-dosanya diampuni. “Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kamu kepada Allah danucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia menang dengan kemenangan yang agung” [Al-Ahzab [33]:70-71].

 

Danlakukanlah yang benar secara benar. “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar(QS At-Taubah [9]:119).

 

Banyak diantara kita ‘merasa’sudah melakukan hal sebaik-baiknya, padahal yang dilakukannya adalah salah. Itulah orang yang paling merugi, dan yang dilakukan nya adalah sia-sia.

Katakanlah (Muhammad), “Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling merugi perbuatannya?”. (Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya (QS Al-Kahf [18]:103-104).

 

“Tanda seorang munafiq itu tiga:

  • Jika berkata dusta.
  • Jika berjanji ingkar.
  • Jika diamanati khianat

(HR Abu Hurairah RA).

 

Berbohong, yaitu mengatakan yang tidak sebenarnya, sangatlah dibenci Allah. “Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan (As-Saff [61]:2-3).

 

“Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah pembohong” (QS An-Nahl [16]: 105).

 

“Hendaklah kalian menjamin padaku enam perkara dari dirimu, niscaya aku menjamin surga bagimu:

  1. Jujurlah apabila kamu berbicara,
  2. Sempurnakanlah (janjimu) apabila kamu berjanji,
  3. Tunaikanlah apabila kamu diberi amanat,
  4. Jagalah kemaluanmu,
  5. Tundukkanlah pandanganmu (dari ma’shiyat) dan
  6. Tahanlah tanganmu (dari hal yang tidak baik)

(HR Ahmad RA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here