Perbuatan Baik

0
162

Hiduplah dalam amal kebajikan dan yakinlah tidak ada suatu perbuatan sekecil apa pun yang tidak akan mendapatkan balasan. Jika kitamelakukan perbuatan buruk, maka sebenarnyakita sedang menganiaya diri kita sendiri, karena perbuatan buruk tersebut, akan kembali lagi kepada diri kita. “Barangsiapa mengerjakan kebajikan, maka itu untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri; kemudian kepada Tuhanmu kamu dikembalikan” (QS Al-Jasiyah [45]:15).

 

Jika kitamelakukan perbuatan baik, balasan nya akan berlipat, namun jika kitamelakukan perbuatan buruk, balasan nya hanya sesuai dengan keburukan yang kita lakukan saja, karena “Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi)”(QS Al-An’am [6]:160).

 

Allah tidak pernah menurunkan keburukan kepada manusia, apalagi sampai merugikan (menzalimi) manusia. “Kebajikan apa pun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri…” (QS An-Nisaa [4]:79).

 

“Sesungguhnya Allah tidak menzalimi manusia sedikit pun, tetapi manusia itulah yang menzalimi dirinya sendiri” (QS Yunus [10]:44).

 

Jika kita terlanjur berbuat salah, lalu kita menyadarinya dan mengubah kesalahan yang kita lakukan dengan perbuatan baik, maka Allah akan mengampuninya. “… orang yang berlaku zalim yang kemudian mengubah (dirinya) dengan kebaikan setelah kejahatan (bertaubat); maka sungguh, Aku Maha Pengampun, Maha Penyayang” (QS An-Naml [27]:11).

 

Ternyata saat ‘memberi’ kepada seseorang,harusnya kita yang mengucapkan terima kasih, bukan mereka.Karena mereka memberi kita peluang untuk mendapat pahala amal soleh.“(Luqman berkata), Wahai anakku! Sungguh, jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Mahahalus, Mahateliti” (QS Luqman [31]:16).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here